Tuesday, May 28, 2013

Cara Aneh Kawal Nafsu Makan: Minum Minyak Hingga Sepit Hidung

103602_womencake362Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan.

Mulai dari cara-cara biasa, hingga yang unik dan aneh. Pernahkah Anda mendengar kalau nafsu makan bisa ditekan dengan meminum minyak, dan diet bisa berhasil jika makan sambil menjepit hidung? Ini dia beberapa cara aneh untuk mengontrol nafsu makan, seperti dikutip dari Shape.
1. Minum Minyak
Dalam bukunya 'Shangri-La Diet', Profesor Psikologi Seth Roberts, PhD mengatakan Anda boleh menurunkan berat badan dengan meminum 1-3 sudu makan air gula dan/atau 1-2 sudu makan minyak zaitun extra-light sebanyak dua kali setiap hari, sebelum makan. Menurut Seth, trik ini menekan nafsu makan secara signifikan.
Menurut teori yang diamini Seth, ketika Anda makan makanan yang rasanya sudah familiar di lidah, otak akan menstimulasi rasa lapar sehingga Anda ingin makan lebih banyak dan berat badan pun bertambah. Tapi bila Anda mengonsumsi makanan yang tidak atau kurang familiar di lidah, selera makan akan berkurang sehingga Anda akan makan lebih sedikit.

2. Perbanyak Rempah-rempah dalam Masakan

Memperbanyak variasi rempah-rempah ke dalam makanan dipercaya boleh membantu Anda mengawal ukuran porsi makan dan akhirnya boleh turun berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa orang cenderung makan lebih sedikit ketika makanan mereka terasa baru dan lebih berbumbu. Semakin aneh dan banyak racikan bumbu serta rempah, makanan akan semakin terasa berbeda. Alhasil, Anda jadi kurang selera makan kerana rasa yang asing di lidah.
3. Tidak Selalu Mengunyah
Menurut para peneliti yang mempelajari hormon lapar leptin dan gherlin, makan terlalu sering bolehmembuat sinyal-sinyal alami pada tubuh berantakan. Ditambah lagi bila Anda menguyah terus menerus, Anda mungkin tidak menyadari berapa jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Konsep diet ini kerap diberi nama 'No S Diet' yang berarti 'no snacks, no sweet, and no seconds'.

4. Menyepit Hidung

Indera penciuman sangat berperanan besar dalam menentukan besar/tidaknya nafsu makan. Tanpa penciuman yang baik, Anda tidak bisa merasakan lezat/tidaknya makanan, atau membezakan rasa antara kentang mentah dan apple. Mungkin hal itu yang menimbulkan ide beberapa orang untuk menyepit hidung selagi makan. Dengan menutup hidup menggunakan sepit ketika makan, akan membantu Anda makan lebih sedikit kerana tidak boleh merasakan rasa makanan yang sebenarnya. Berani cuba?
5. Cake untuk Sarapan
Cake memiliki kalori, gula serta lemak yang tinggi. Namun para peneliti asal Israel justru merekomendasikan makanan penutup ini untuk sarapan bila Anda ingin diet penurunan berat badan. Mereka menemukan, partisipan dengan obesiti yang sarapan makanan berprotein dan berkarbohidrat tinggi (termasuk cake) lebih boleh disiplin dalam berdiet ketimbang mereka yang sarapan dengan karbohidrat dan kalori rendah.
Peneliti berasumsi, memakan makanan manis di pagi hari membantu Anda mengawal keinginan untuk makan makanan manis di siang dan petang harinya. Namun bukan lantas Anda boleh memakan kek sebanyak-banyaknya. Penelitian tersebut mengusulkan Anda tetap makan dalam jumlah yang cukup dan sesuai keperluan.
Sumber

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive